Artikel PPI UTM Berita Kegiatan PPI UTM

Donor Darah

Johor Bahru – Rabu (10/4), Kegiatan Donor Darah yang diadakan pada hari sabtu tanggal 6 April 2019 dan bertempat di Dewan Merdeka, Kolej Rahman Putra, Universitas Teknologi Malaysia (UTM) telah terlaksana dengan lancar. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) UTM dan juga salah satu Program Kerja dari Departemen Sosial dan Hubungan Masyarakat yang bekerjasama dengan Rumah Sakit Spesialis KPJ Johor.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap kebutuhan akan darah dan membantu pendonor menjaga kesehatan baik secara fisik maupun psikologis.

Kegiatan ini dimulai dengan persiapan pada pukul 08.00 dan briefing pada pukul 9.40 yang dipimpin oleh Libert Theo Syachrani selaku ketua pelaksana. Kemudian, registrasi kegiatan ini dimulai pada pukul 10.00. Selama registrasi berlangsung terdapat 95 pendaftar yang ingin melakukan donor darah. Pendaftar tidak hanya berasal dari mahasiswa/i tetapi juga dari beberapa masyarakat yang bekerja di UTM.

Pelaksanaan donor darah oleh Rumah Sakit Spesialis KPJ Johor dimulai pada pukul 10.00 hingga pukul 14.30. Terdapat 75 peserta yang berhasil dari 95 peserta yang diperiksa oleh KPJ. Peserta yang tidak dapat mendonor disebabkan oleh beberapa faktor seperti sedang sakit, menstruasi (bagi perempuan), kurang istirahat, dan lain-lain.

Setelah selesai berdonor darah, para peserta mendapatkan beberapa minuman dan makanan ringan untuk memulihkan tenaga dari Rumah Sakit Spesialis KPJ Johor itu sendiri dan didalam goodiebag tersebut salah satunya juga terdapat payung yang telah membantu kami menjadi sponsor untuk mensukseskan acara ini.