Berita Kegiatan PPI UTM

Global Village FESKO 63

Johor Bahru – Senin (4/11), Global Village FESKO 63.

Pada tanggal 4 November 2019, tepatnya pukul 07.00 hingga 13.00 MYT, PPI UTM berpartisipasi dalam kegiatan Global Village di Dataran UTM. Global Village adalah salah satu rangkaian acara yang ada pada Festival Konvokesyen (Fesko) ke-63 yang diselenggarakan oleh pihak UTM dan berada di bawah kepanitiaan Fesko. Dalam kegiatan ini terdapat booth exhibition dan dancing competition yang dilaksanakan oleh ISS dari beberapa negara, yaitu Indonesia, Pakistan, Sudan, Nigeria, Bangladesh, China, Yemen, dan Egypt.

Dalam booth exhibition, setiap ISS harus menunjukkan kebudayaan dari negara mereka, seperti makanan, informasi tempat wisata, dan barang-barang khas negara tersebut. Masing-masing booth dari setiap negara tentunya memiliki desain tersendiri yang menunjukkan identitas negara mereka, termasuk booth Indonesia.

Beberapa anggota PPI UTM yang pada kesempatan itu menjaga booth Indonesia, berhasil mendekorasi booth tersebut dengan sangat menarik di mana ditampilkan berbagai macam barang tradisional, kebaya dan surjan lurik, serta tak lupa bendera merah putih sebagai identitas negara. Lalu juga ada foto-foto beberapa destinasi wisata di Indonesia seperti Pantai Kuta, Labuan Bajo, Sumba, dan Candi Borobudur. Selain itu juga disajikan makanan tradisional dari beberapa wilayah di Indonesia, yaitu rendang, keripik sanjai, empek-empek, dan luti gendang untuk mereka yang mengunjungi booth Indonesia.

Tak hanya itu, anggota PPI UTM yang menjaga booth saat itu juga melakukan interaksi dengan para pengunjung booth dari ISS negara lain dengan melakukan sebuah permainan kecil. Mereka yang mengunjungi booth Indonesia dan bersedia untuk bermain harus mengambil satu gulungan kertas yang berisikan sebuah kata dalam Bahasa Indonesia. Kata yang mereka dapatkan tersebut harus mereka ucapkan dan tebak artinya, kemudian mereka akan mendapatkan hadiah kecil berupa gantungan kunci.


(Dari atas, kiri ke kanan: M. Rafiy, Robby Samudra, Arief Muhammad, Isfan Harris, Naufaldy Bambang.
Dari bawah, kiri ke kanan: Ana Ahadiyah, Hafidzah Quraini, Afifi Alifia, Alya Ledias)
.

Pada pukul 10.00 MYT, setiap ISS menunjukkan tarian asal negaranya. Perwakilan dari Indonesia menampilkan tari Jaipong yang berasal dari Jawa Barat.


(Dari kiri ke kanan: Netya Dzihini, Amelia Karenina, Shela Ayu, Hannah Salsabila).

Sampailah pada akhir acara dimana panitia mengumumkan juara booth exhibition dan dance competition. ISS-Indonesia meraih juara 2 untuk dance competition dan peringkat 4 untuk booth exhibition. Kegiatan kemudian ditutup dengan foto bersama seluruh peserta dan panitia Global Village.

Departemen Seni Budaya dan Keolahragaan
Kabinet Sinergi Karya
PPI UTM 2019/2020