Berita Kegiatan PPI UTM

Indonesian Cultural Roadshow

Johor Bahru, (1/5) – Indonesian Cultural Roadshow yang diadakan pada hari senin tanggal 29 April 2019 dan bertempat di Padang Kawat UTM atau Dataran Fesko, Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Johor Bahru telah terlaksana dengan lancar. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) UTM dan juga salah satu Program Kerja dari Departemen Seni Budaya dan Keolahragaan. Kegiatan ICRS ini pun bertepatan dengan adanya Fesko ke-62.

Seperti yang dapat kita lihat dari judul program kerja departemen ini, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperlihatkan lebih dalam kepada warga UTM maupun warga Johor sekalipun yang menghadiri ICRS ini atas indah dan beragamnya kesenian yang berasal dari Negara Indonesia itu sendiri. Adapun tujuan lain selain daripada diatas yaitu memperkenalkan sanggar tari dan musik PPI UTM kepada warga utm khususnya serta masyarakat johor bahru umumnya.

Pada kesempatan kali ini, para penampil diberi waktu secara keselurahan selama 30 menit untuk menampilkan sebuah pertunjukan. Dimulai dengan sebuah tarian asal minang kabau, diikuti oleh tarian sunda, dan diakhiri dengan pertunjukan band yang membawakan 3 buah lagu yang bertemakan pop Indonesia dan lagu wajib nasional Indonesia. Penampilan sanggar tari dan musik ini mendapatkan respon yang beragam dan positif dari khalayak umum yang berada pada kegiatan ICRS ini, dimulai dari yang mengatakan bahwa kesenian Indonesia mempunya ciri khas tersendiri agar dapat dikenal oleh negara-negara lainnya khususnya yang berkuliah pada UTM hingga respon positif seperti para warga Johor ingin lebih lanjut mempelajari kesenian Indonesia.

Sampai lah kita pada penghujung acara ICRS ini yang dilanjutkan oleh kegiatan Fesko lainnya. Dengan adanya program kerja ini, tidak hanya mengenalkan budaya kita kepada negara-negara lain tetapi untuk lebih meningkatkan kesadaran atas keindahan dan keberagaman budaya kita yang perlu lebih lanjut dikenalkan sekaligus juga menyalurkan akan bakat anggota sanggar PPI UTM yang terpendam. (Icha)

Departemen Seni Budaya dan Keolahragaan
Kabinet Dinamika Bakti
PPI UTM 2018/2019