Artikel PPI UTM Berita

International Talks

Pada hari Sabtu, 14 September 2019 acara International Talks berhasil diselenggarakan. Bertempat di Convention Hall FABU, Universiti Teknologi Malaysia, acara ini berhasil mendatangkan berbagai pembicara ternama dari Indonesia maupun Malaysia. Bertajuk “Preparing Youth for The 4th Industrial Revolution”, International Talks dihadiri oleh peserta dari berbagai negara. Dengan target peserta mahasiswa local maupun international yang menempuh pendidikan di UTM, beserta anggota-anggota PPI Cabang di Malaysia hingga para pelajar dan partisipan yang langsung datang dari Indonesia untuk acara ini.

Acara dimulai dengan pembukaan yang dihadiri oleh VIP dan VVIP yaitu Muhammad Haidar Mohalisi (Ketua Acara), Muhammad Hafiz Pratama (Ketua PPI UTM), Muhammad Ammar Naufal (Ketua PPI Malaysia), Bapak Anang Fauzi Firdaus (Kepala Departemen Pendidikan, Sosial dan Budaya KJRI Johor Bahru), Praditha Wulandari (Vice President Women affair ISS Central), Ashiru Abubakar Garba (President ISS Central UTM) dan Prof. Madya Dr. Mohd. Ismid Bin Md Said (Pro-Vice Chancellor International) berjalan dengan khidmat.

Sesi pertama acara seminar dimulai dengan pembicara utama yaitu Bapak Bima Arya (Walikota Bogor) yang membawakan sub-topik “Empowering Youth to Shape Smartcity”. Pada sesi ini bapak Bima Arya ditemani oleh satu orang moderator dan pembahasan ditutup dengan sesi tanya jawab dengan peserta.

Tidak berhenti disitu, diakhir sesi pembahasan sub-topik pertama, dilanjutkan dengan pengenalan dan pengesahan aplikasi terobosan terbaru PPI UTM yaitu PPI Apps. Aplikasi ini dengan sah ditetapkan dengan acara simbolis pemotongan pita oleh Pak Bima Arya selaku pembicara utama dan VVIP bersama dengan Prof. Hadi Nur selaku Pembina PPI UTM. Didampingi oleh Ketua Acara, Ketua PPI UTM dan Ketua PPI Malaysia, aplikasi inovatif ini akhirnya berhasilkan diluncurkan.

Setelah break dan makan siang peserta, sesi kedua dilanjutkan dengan sub-topik “Creating Creative Industries Startup”, yang diisi oleh Bapak Aminuddin Bin Zakaria (CEO & Founder MAS Wings Sdn. Bhd.) dan Bapak Adi Arriansyah (CEO & Founder Sagara Technology) ditemani dengan satu orang moderator. Sesi penyampaian materi dan diskusi Tanya jawab berjalan lancar.

Setelah itu dilanjutkan dengan sesi ketiga oleh Prof. Hadi Nur (Director of Ibnu Sina Institute) dengan sub-topik bertajuk “Skills Youth Need to Thrive in the 4th Industrial Revolution”. Prof. Hadi Nur berhasil menyampaikan materi, motivasi serta masukan-masukan yang diperlukan oleh para pemuda terutama mahasiswa UTM.

Acara ditutup dengan pembagian form feedback kepada peserta terhadap penilaian acara. Setelah dikumpulkan dan dikalkulasi, berdasarkan form feedback acara International Talks berhasil mendapatkan rating rata-rata 85% dari peserta dengan semua aspek yang telah dipertimbangkan. Acara yang diselenggarakan oleh PPI UTM dan didukung oleh UTM International dan KJRI Johor Bahru ini berhasil selesai pada pukul 04.00 PM.