Berita Kegiatan PPI UTM

IOD 2019

Johor Bahru – Sabtu (16/03), Indonesian Olympic Days 2019 (IOD) adalah program kerja berkelanjutan yang diadakan oleh PPI UTM dari  Departemen Seni Budaya dan Olahraga. Program ini berhasil dilaksanakan dengan mendapat tanggapan positif dari para peserta. Acara ini diadakan selama 4 hari yang dimulai pada minggu pertama yaitu pada tanggal 15 hingga 16 Februari 2019 dan dilanjutkan di minggu kedua pada tanggal 22 hingga 23 Februari 2019 di Johor Bahru, tepatnya di Universiti Teknologi Malaysia (UTM), dengan tujuan utama adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan nilai kreativitas dan inovasi yang kompetitif di bidang olahraga dan seni untuk generasi muda. Pada tahun ini, panitia Indonesian Olympic Days 2019 (IOD)  menciptakan inovasi baru terhadap acara ini yaitu tidak hanya mengadakan pertandingan olahraga yang seperti kita tahu pada umumnya seperti futsal, bola basket, bola voli, bulu tangkis, dan tenis meja tetapi mengadakan  pertandingan E-Sport dan kompetisi seni. Seperti yang kita tahu E-Sport adalah Electronic Sport, olahraga berbentuk kompetisi menggunakan video game. Untuk E-Sport, panitia memilih untuk mengadakan pertandingan Mobile Legend (ML) dan Pro Evolution Soccer (PES) sedangkan kompetisi seni pada IOD tahun ini mengadakan lomba tari dan musik.

 

Hari pertama acara dibuka dengan pidato oleh Profesor Hadi Nur sebagai Supervisor PPI UTM dan kemudian Prof. Dr. Mohd Ariffin Abu Hassan sebagai Associate Director of Student and Global Education Experience dan Bapak Anang Fauzi Firdaus sebagai Fungsi Penerangan, Sosial, Budaya Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Johor Bahru dan yang terakhir adalah Saudara Muhammad Farhan Hadinata sebagai Wakil Presiden PPI UTM. Setelah pembukaan acara, kompetisi pertama dimulai dengan futsal. Pertandingan ini berjalan dengan lancar hingga final. Hasil dari kompetisi ini dimenangkan oleh kontingen 18, diikuti oleh tempat kedua, kontingen 17 dan juara 3 adalah kontingen 15’16. Setelah futsal selesai, dilanjutkan dengan pertandingan bola basket. Pertandingan bola basket ini berlanjut pada hari kedua. 

Hari kedua dimulai dengan kompetisi bola voli. Pertandingan ini berlangsung seru hingga final. Hasil kompetisi ini dimenangkan oleh kontingen 15’16, diikuti oleh tempat kedua, kontingen 17 dan ke-3 kontingen 17 lagi karena kontingen 17 mengirim 2 kelompok ke kompetisi ini. Setelah bola voli selesai, kami melanjutkan pertandingan bola basket hingga final. Hasil dari kompetisi ini dimenangkan oleh kontingen 18, diikuti oleh tempat kedua, kontingen 17 dan juara 3 adalah kontingen 15’16.

 

 Hari ketiga dimulai dengan kompetisi bulutangkis yang terbagi menjadi tunggal (wanita dan pria) dan ganda (hanya untuk pria) dan kompetisi tenis meja. Banyak peserta yang bergabung dalam kompetisi ini seperti UTM International, anggota PPI UTM, Universitas Terbuka, Sekolah Indonesia Johor Bahru, dan Konsulat Jenderal Indonesia di Johor Bahru. Kompetisi ini berjalan dengan lancar sampai pertandingan ini selesai. Setelah bulutangkis selesai, dilanjutkan dengan Pro Evolution Soccer (PES). Mayoritas, pertandingan ini diikuti oleh pria. Kompetisi ini berlanjut pada hari terakhir acara ini.   

Hari terakhir acara ini dimulai dengan kompetisi baru kami yaitu kompetisi seni yaitu kompetisi seni yaitu tarian dan musik. Untuk tarian kami menggunakan tarian tradisional dan untuk musik kami menggunakan musik akustik. Untuk hari terakhir acara ini kami juga mengadakan final Pro Evolution Soccer dan Mobile Legend (ML). Untuk kompetisi Mobile Legend (ML) itu sendiri telah dilaksanakan selama hari kerja. Kami mengadakan penutupan untuk acara ini yang disertai dengan pidato dari VIP yang kami undang dan untuk pengiriman medali kepada para pemenang. tidak lupa juga untuk acara ini terdapat juara umum yang diraih oleh kontingen 17.