Artikel PPI UTM

Kenalan Sama Waktu

“Tak kenal maka tak sayang”, begitu kalau kata pepatah. Supaya semua yang kita kerjakan jadi hal yang menyenangkan, atau tidak merasa ada beban, sudah sepantasnya kita “sayang” sama aktivitas yang kita kerjakan itu, bukan aktivitas yang buruk tentunya ya.

Mungkin ini ya salah satu hikmahnya jadi mahasiswa di luar negeri, bisa kenalan sama waktu. Di Malaysia, beda satu jam sama Waktu Indonesia bagian Barat (WIB). Nah, itu baru pandangan awalnya. Masuk di masa awal-awal kuliah, ya tentu saja akan selalu ada tahap perkenalan sama waktu. Ada yang bilang, “kuliah itu kalau cuma belajar di kelas, diam, jadi kutu buku, tidak ada tantangannya, nah begitu weekend gak tau mau ngapain”. Ada juga yang bilang “menjadi yang terbaik di kelas itu objektif utama kita kuliah”. Itu sih opini masing-masing.

Membahas kegiatan lain, di UTM (Universiti Teknologi Malaysia) ini ada banyak organisasi, komunitas dan klub. Tinggal dipilih aja mau ikut yang mana. Yang “wajib” buat orang-orang Indonesia yang belajar di UTM itu ya ikut PPI (Persatuan Pelajar Indonesia). Selain itu juga, ada klub debat, ada PMI(Persatuan Mahasiswa Islam), ada klub fotografer, klub olahraga, dan banyak lagi yang gak bisa disebutkan disini.

*Satu tips yang harus diingat, kalau mau merasakan sensasi organisasi di UTM, pilihlah yang sesuai dengan hati dan nikmati petualangannya.*

Menghadapi petualangan dalam organisasi, kehidupan sosial di UTM dan menghadapi pelajaran di-kelas, nah ada beberapa tips nih untuk kenalan lebih lanjut sama waktu.

#1. Buatlah pembagian waktu untuk setiap aktivitas yang dikerjakan, baik itu assignment, tutorial atau program dari organisasi yang kita ikut. Contohnya bikin timetable atau gantt chart.

#2. Kerjakan yang lebih utama, yang prioritasnya lebih tinggi. Pikirkan juga alternatif lain dan resikonya, kalau pekerjaan itu tidak diselesaikan

#3. Dibawa santai, tapi jangan terlalu santai dan jangan terlalu kaku juga. Kita yang buat jadwal tapi jangan pula kita yang gak taat jadwal. Fleksibilitas diri juga perlu. Jangan lupa istirahat yang cukup.

*Tips-tips diatas dikutip berdasarkan survei random dari perwakilan JKM (Jawatan Kuasa Mahasiswa) Kolej Tun Razak, PMI UTM, Palapes UTM, KKDK (Kelab Kerjaya Dan Kaunseling) dan tentunya dari PPI UTM. Walaupun sibuk di organisasi, tapi akademik juga harus tetap oke*

Nah, udah tau kan strategi petualangan di organisasi. Karena itu, manfaatkanlah, hargailah waktu dengan sebaik-baiknya, bahkan seseorang pernah bilang, “tidur dalam waktu 15 menit di UTM itu aja udah berharga banget”. Oke deh, jabat tangan sama waktu dan kenali waktumu lebih dalam lagi. Semoga bermanfaat.


Penulis:

Rakhmania, mahasiswa S1 jurusan Industrial Biology, Faculty of Bioscience and Medical Engineering, UTM