Berita Kegiatan PPI UTM

Membatik Bersama Anak-Anak Kurang Upaya Johor di Indonesia Festival 2021

Pada Sabtu 6 November 2021, salah satu rangkaian acara Road to INFEST 2021 melaksanakan kegiatan yaitu ”Membatik with INFEST” Workshop yang berlangsung pada pukul 09.00 – 12.15 WIB atau 10.00 – 13.00 INDONESIAN FESTIVAL 2021 – DO BATIK WORK WITH INFEST 2021

Telah berlangsung kegiatan “Do Batik Work With Infest 2021” yang diselenggarakan oleh Departemen Seni Budaya dan Keolahragaan Persatuan Pelajar Indonesia Universiti Teknologi Malaysia (PPI UTM). Do Batik Work With Infest 2021 merupakan kegiatan yang berisikan pengetahuan tentang batik dan mengenal jauh lebih tentang batik sebagai milik UNESCO  Warisan Budaya Dunia tahun 2009.

        

Kegiatan Do Batik Work With Infest memulai acaranya dengan melakukan pembukaan registrasi partisipan bagi yang ingin melengkapi pengalaman membatiknya dengan membeli Batik Kit15 MYT . Pembukaan Membatik With Infest dimulai dengan penyambutan oleh Pembawa Acara. Setelah itu, dilanjutkan dengan penyampaian protokol pembukaan Membatik With Infest 2021 dan menyanyikan lagu kebangsaan indonesia, Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan tarian Sanggar PPI UTM. Setelah itu, penyampaian kata sambutan yang dimulai dari ketua pelaksana INFEST, Ketua umum PPI UTM 2020/2021, Perwakilan dari ketua yayasan  panti asuhan Pertubuhan Kebajikan Dan Penjagaan Kanak-Kanak Kurang Upaya Negeri Johor yang sekaligus membuka acara Membatik With Infest ini. Kegiatan berikutnya merupakan workshop dari Pak Andik dan Ibu Yuli Astuti dan di akhiri dengan sesi tanya jawab.

Kegiatan ini dilakukan secara hybrid, dimana beberapa panitia Indonesian Festival yang berada di Johor, melaksanakan membatik bersama teman teman Pertubuhan Kebajikan dan Penjagaan Kanak Kanak Kurang Upaya Negeri Johor dengan mematuhi SOP yang sudah di perintahkan oleh Majelis Keselamatan Negara Malaysia. Di tempat itu pula para panitia tidak hanya mengajarkan bagaimana cara menggambar batik dengan metode batik tulis, tetapi juga menjalin silaturahmi antar sesama dengan teman-teman di yayasan tersebut. Pada waktu bersamaan pula workshop juga berjalan secara online melalui zoom meeting, dengan diberikan arahan bagaimanakah cara membatik yang baik dan benar.