Uncategorized

Pelantikan Pengurus PPI UTM 2020/2021

Pada 04 Desember 2020, Persatuan Pelajar Indonesia di Universiti Teknologi Malaysia (PPI UTM), Johor Bahru telah menyelenggarakan pelantikan pengurus untuk periode 2020/2021.

Acara ini merupakan program inaugurasi untuk merayakan pengurus PPI UTM yang baru, sekaligus mengobjektifkan mediasi di antara pengurus PPI UTM periode 2020/2021 dengan seluruh peserta yang hadir.

Tugas PPI selain menjadi jembatan antara mahasiswa dan kampus, juga diharapkan turut membantu dalam pengurusan segala aspek kegiatan yang mengatasnamakan Indonesia.

Dengan diadakannya acara ini, para pengurus yang dilantik diharapkan termotivasi dalam menjalankan kewajibannya karena mereka yang akan menangani acara dan program PPI UTM untuk masa yang mendatang.

Kegiatan yang diselenggarakan melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings disaksikan oleh Pembina dan Penasihat PPI UTM, Koordinator PPI Malaysia, International Student Society (ISS) dari UTM, jajaran pengurus PPI cabang di Malaysia, Direktur Global Education and Experience UTM International, Konsulat Jenderal Republik Indonesia, serta segenap anggota PPI UTM.

Dukungan dan harapan pada kinerja PPI UTM periode 2020/2021 disampaikan oleh tamu-tamu undangan terhormat yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa masing-masing pihak mendukung penuh terhadap segala program kerja PPI UTM.

Acara inaugurasi ditandai dengan pembacaan janji ikrar yang dipimpin oleh Ketua Umum PPI UTM periode 2020/2021, Muhammad Khairy Hanif. Jajaran pengurus lainnya dengan khidmat mengucapkan ikrar yang menjadikan pelantikan ini awal dari komitmen untuk berkontribusi mengembangkan PPI UTM pada periode 2020/2021.

Selanjutnya, agenda Talk Show bersama Koordinator PPI Dunia 2020/2021, Choirul Anam dan juga Ketua Keluarga Mahasiswa ITB, Nada Zharfania Zuhaira diadakan dengan topik pembicaraan yaitu ‘Berorganisasi di dalam Perkuliahan dan Dampaknya dalam Dunia Luar’. Talk Show tersebut diadakan guna memberi inspirasi dan wawasan bagi mereka yang menjalankan tugas sebagai pengurus PPI.

“Akademik dan organisasi itu bukan pilihan tapi keduanya harus diseimbangkan”, ujar Nada.

Sementara itu, Anam menyampaikan bahwa “Segala sesuatu kegiatan yang kita tempuh, kehadiran kita harus berdampak signifikan dan efisien terhadapnya”.

Sebelum acara inaugurasi ditutup, dilakukan sesi foto bersama untuk mengenang pengalaman tak terlupakan di antara mereka yang telah hadir dan berkontribusi di kegiatan hari ini.

Acara pelantikan ini dilanjutkan dengan Townhall Meeting yang dihadiri oleh seluruh anggota PPI UTM dengan tujuan agar acara dan program PPI UTM secara rinci dapat terumuskan untuk satu tahun ke depan.

 

Terdapat tujuh divisi dalam kepengerusan PPI UTM, yaitu Divisi Akademik, Riset, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Divisi Sosial dan Hubungan Masyarakat, Divisi Ekonomi dan Kewirausahaan, Divisi Seni Budaya dan Keolahragaan, Divisi Publikasi dan Multimedia, Divisi Kajian Strategis, Divisi Pengembangan Internal Organisasi, serta Pengurus Inti.

Townhall Meeting diagendakan juga guna melantik kepengurusan Unit Kerja Mahasiswa (UKM) yang terdapat di PPI UTM. Ketua dari masing-masing UKM memaparkan aspirasi dan protokol kerja yang selanjutnya diberi kritik dan masukan oleh anggota lain yang hadir.

Terdapat empat UKM yang dilantik pada agenda ini, yaitu UKM Spartan, UKM Asosiasi Karsa Wicara, UKM Sanggar, serta UKM Asosiasi Muslim Indonesia.

Akhir dari acara ini ditutup dengan kegitatan sharing session di antara kepengurusan PPI UTM yang dipimpin oleh Ryhan, selaku ketua umum PPI UTM 2020/2021.

“Banyak sekali semangat baik yang kita dapat di inaugurasi hari ini, kita tau meski PPI UTM akan bergerak ke banyak arah, kabinet ini tidak sendiri dan mendapat full support dari seluruh anggota PPI UTM lainnya”, tuturnya.